loading

Paket Tour Kawah ijen

Paket Tour Kawah ijen
Rating 10/10 - 20 reviews (100%)

Keberangkatan

Pilihan Paket Tour di Kawah Ijen

Smart Saver
Diskon ekslusif

Harga mulai dari IDR 170.000

Opentrip Kawah Ijen Banyuwangi Tour Packages

10   |   43,631 kali dilihat

Rp 221.000

Rp 170.000 Tersedia Hari Ini

Harga hemat setiap saat

Bromo - Ijen Tour Packages 3d2n

10   |   64,729 kali dilihat

Contact Us for Best Price

Harga hemat setiap saat

Natural Beauty Between Sulfur Miners Traditional Is Blue Fire 3d2n

0   |   64,706 kali dilihat

Contact Us for Best Price

Harga hemat setiap saat

4d3n Explore Banyuwangi Tour Packages

10   |   58,004 kali dilihat

Contact Us for Best Price

Harga hemat setiap saat

3d2n Sukamade & Kawah Ijen Tour Packages

0   |   62,574 kali dilihat

Contact Us for Best Price

Harga hemat setiap saat

Bromo - Baluran - Kawah Ijen 3 Hari

10   |   64,897 kali dilihat

Contact Us for Best Price


From
57 Guests

"memuaskan trip di Kawah Ijen, Guidenya baik, ramah juga"

- Diah Putri Utami (OpenTrip Kawah Ijen Banyuwangi Tour Packages)

"Mantaaaaaappp sunrisenya ... tidak ada kendala sama sekali, perfect untuk pelayanan nya."

- Muhamad Wahyudi (Bromo - Baluran - Kawah Ijen 3 Hari)

"Tidak ada kendala, mantab memuaskan atas layanan Trip dari 1001malam"

- Juan Alaric (Bromo - Baluran - Kawah Ijen 3 Hari)

"Servicenya semua ok dan perjalanannya menyenangkan"

- Shirly Widyasana (Bromo - Baluran - Kawah Ijen 3 Hari)

"Selama trip nggak ada kendala mbak, semuanya lancar dan seneng banget. Pelayanannya ramah dan baik"

- Yunita Sari (Bromo - Baluran - Kawah Ijen 3 Hari)

"Over all semuanya oke mbak, next trip kami akan hubungi kembali ya terima kasih atas pelayanan yang baik"

- Adel (Bromo - Baluran - Kawah Ijen 3 Hari)

"Saya puas atas perjalanannya, akan saya rekomendasikan ke teman-teman, terimakasih"

- Hendra Saputra (Bromo - Baluran - Kawah Ijen 3 Hari)

Captured Moments



Harga hemat setiap saat

2d1n Ijen Baluran Tour Packages

0   |   61,289 kali dilihat

Contact Us for Best Price

Harga hemat setiap saat

1d Blue Fire Tour Packages Start Banyuwangi

10   |   53,030 kali dilihat

Contact Us for Best Price

Harga hemat setiap saat

2d1n Pulau Merah + Kawah Ijen Tour Packages

0   |   53,323 kali dilihat

Contact Us for Best Price

Yuk buat sendiri Paket Liburan yang sesuai dengan budget anda Klik Disini !

Mengapa Berlibur Ke Wisata Kawah Ijen

Ramainya wisatawan yang mengunjungi kawah ijen sebenarnya bukan tanpa alasan. Hal ini karena kawah ijen memiliki bluefire atau api abadi. Dan fenomena ini hanya ada 2 di dunia, dan salah satunya yaitu di Kawah Ijen ini.

Bluefire merupakan fenomena api biru yang berasal dari belerang yang ada di Kawah Ijen. Dan pemandangan ini hanya dapat dilihat saat hari sedang gelap atau ketika malam hari. Sisi unik dari Kawah Ijen ini lah yang membuatnya memiliki nama hingga di kancah internasional. Sehingga bagi anda yang ingin melihat langsung bagaimana keindahan blue fire yang ada di kawah ijen, anda harus mendaki pada saat tengah malam agar tidak kehilangan momen tersebut.

Apa saja aktifitas selama di Kawah Ijen?

Ada banyak hal menarik yang bisa anda lihat dan lakukan selama mengunjungi kawah ijen ini. Salah satunya yaitu menyaksikan pemandangan yang begitu luar biasa dari blue fire. Jika anda ingin menyaksikan pemandangan yang fenomenal ini, datanglah ketika dini hari.

Mengingat api biru ini hanya dapat dilihat saat suasana di sekitar kawah Ijen masih gelap. Api biru ini sebenarnya berasal dari cairan belerang dan kemudian mengering dengan sendirinya dan menajdi bahan tambang yang dicari warga setempat. Selain itu, pengunjung yang datang juga dapat melihat langsung bagaimana proses penambangan belerang yang masih sangat sederhana dan sama sekali tidak menggunakan peralatan canggih.

Di Indonesia, hanya terdapat 2 lokasi penambangan belerang yang meggunakan teknik tradisional yaitu di Kawah Ijen dan lainnya berada di Welirang. Penambang akan turun langsung mendekati kawah, mengambil bataran belerang yang sudah mengering menggunakan aat sederhana tanpa dilengkapi perlengkapan keselamatan yang memadai.

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Kawah Ijen

Sebenarnya kawah ijen dapat anda kunjungi kapanpun sesuai dengan keinginan anda. Hanya saja ada beberapa periode waktu dimana objek wisata ini cukup ramai dikunjungi. Terutama saat liburan sekolah, bisa dipastikan jumlah pengunjung cukup membludak.

Dan bagi anda yang ingin menikmati pemandangan kawah ijen dengan santai, maka pada saat masa liburan bukanlah waktu yang tepat untuk datang. Selain itu ada waktu-waktu tertentu dimana sangat disarankan untuk mengunjungi kawah ijen, yaitu:

Bulan Desember – Januari

Di akhir bulan desember, intensitas kabut di puncak Gunung Ijen cenderung lebih tipis dibandingkan waktu-waktu lainnya. Sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan blue fire serta Danau Kawah Ijen yang begitu cantik mempesona tanpa harus terhalang kabut tebal. Hanya saja sayangnya, pada bulan Desember – Januari masih termasuk musim penghujan. Sehingga akan lebih baik jika anda membawa perbekalan cukup dan persiapan yang matang sebelum akan mendaki hingga ke puncak gunung.

Bulan Juli – September

Pada musim panas ini juga menjadi waktu favorit bagi pengunjung untuk mendaki Kawah Ijen. Tanpa turun hujan, permukaan tanah menjadi lebih kering dan memudahkan ketika pendakian. Dan tak hanya itu saja, sinar matahari juga jauh lebih cerah saat musim kemarau. Sehingga anda tak akan merasa terlalu kedinginan dengan hawa pegunungan Ijen.

Waktu Pendakian Kawah Ijen

Pendakian Kawah Ijen saat Pagi Hari

Mendaki saat pagi hari juga menjadi waktu yang tepat untuk berangkat ke puncak Gunung Ijen. Perjalanan di pagi hari tentunya udara masih sangat sejuk dan dingin, serta kabut pegunungan menemani sepanjang perjalanan mendaki gunung.

Kebanyakan wisatawan memulai perjalanan mulai pukul 05.00-06.00 dan membutuhkan waktu perjalanan selama 3-4 jam untuk sampai di puncak. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan anda mendaki di siang hari karena beresiko angin yang begitu kencang berhembus dan menyebabkan gas belerang akan mudah terbawa yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

Pendakian Kawah Ijen saat Malam Hari

Tak hanya pagi, malam hari juga menjadi waktu yang favorit untuk mendatangi Kawah Ijen ini. Biasanya mereka memulai perjalanan saat pukul 22.000 dan kemudian berjalan santai hingga menuju puncak. Sesampainya di puncak, wisatawan bisa mendirikan tenda dan berkemah satu malam sampai menanti fajar tiba.

Dimana Lokasi Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen berada dalam bagian Cagar Alam Wisata Ijen. Dilihat secara administrative, Kawah Ijen termasuk dalam 2 Kabupaten yaitu Bondowoso dan Banyuwangi. Wisata ini berada di ketinggian 2.638mdpl dan termasuk dalam kawasan Gunung Ijen, salah satu gunung berapi aktif di tanah Jawa.

Mode Transportasi untuk ke Kawah Ijen

Bagi pengunjung yang ingin menuju Kawah Ijen, dapat memulai perjalanan dari kota Banyuwangi. Sehingga bagi wisatawan yang berasal dari luar kota bisa berangkat ke Banyuwangi terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan perjalanan ke daerah Paltuding.

Disana nantinya anda akan menemukan loket yang mulai dibuka pada jam 01.00 dini hari. Dan pendakian bisa dimulai dari sini hingga ke puncak Gunung Ijen. Untuk loket wisata buka hingga jam 12.00.

Untuk rute pendakian juga cukup mudah karena hanya 1 jalur saja. Setidaknya dibutuhkan waktu pendakian sekitar 3-4 jam. Namun jika anda ingin melihat fenomena blue fire, anda harus bisa sampai di kawah Ijen sebelum pukul 04.00.

Jalur untuk mendaki kawah ijen memang cukup melelahkan karena sebagian besar merupakan jalanan tanjakan. Bahkan tidak ada sama sekali jalan turunan. Sehingga bagi wisatawna yang mungkin belum terbiasa mendaki gunung, dibutuhkan persiapan yang ekstra.

Apa yang harus dipersiapkan untuk ke Kawah Ijen

Karena wilayahnya berupa pegunungan, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengunjungi kawah ijen.

Yang pertama tentu saja jangan lupa untuk membawa pakaian hangat untuk mendaki. Apalagi ketika anda memutuskan untuk mendaki di musim penghujan. Resiko kehujanan serta pakaian menjadi basah bisa menyebabkan anda kedinginan. Untuk itu usahakan membawa pakaian ganti yang cukup dalam perbekalan anda.

Bagi anda yang tidak terlalu terbiasa dengan udara yang cukup dingin khas pegunungan, mungkin syal bisa membantu selain jaket dan pakaian hangat lainnya.

Bagi yang belum terbiasa dengan pendakian ke puncak gunung, dibutuhkan persiapan yang ekstra mengingat jalan pendakian yang dilalui menanjak dan membutuhkan tenaga yang ekstra. Sehingga akan lebih baik untuk menjalani latihan fiisk yang ringan, seperti lari kecil atau jogging ataupun berenang agar melatih stamina dan pernapasan saat akan mendaki gunung.

Pilihan Penginapan dan Destinasi Wisata di Ijen

Berbicara tentang berlibur di pegunungan pasti akan sangat mengasyikan. Itu artinya kita akan datang ketempat yang mempunyai hawa yang sejuk jauh dari hiruk perkotaan dan pastinya akan banyak pemandangan indah yang menunggu kita ditempat tersebut.

Di Indonesia sendiri, kita mengetahui jika banyak sekali gunung yang ada. Dari yang sudah aktif lagi sampai dengan gunung yang masih aktif sampai saat ini. Salah satu gunung yang masih aktif sampai saat ini adalah Gunung Ijen, tapi banyak orang yang menyebutnya dengan nama Kawah Ijen.

Pernahkah kamu pergi ke tempat Wisata dan Hotel di Ijen? Jika belum, kita harus tahu letaknya terlebih dahulu. Gunung Ijen sendiri berada pada 3 kabupaten yang ada di Jawa Timur yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo.

Dalam kawasan Gunung Ijen, sampai saat ini masih adanya pertambangan belerang yang menandakan jika Gunung Ijen ini masih dalam golongan gunung berapi yang masih aktif.

Jadi jangan heran jika kita akan menemui banyak sekali para penambang belerang yang berjalan dikawasan gunung tersebut. Mereka selalu membawa tumpukan belerang dalam karung dan membawanya kebawah sambil menuruni jalan yang curam dan pastinya berbahaya, terlebih dengan adanya banyak gas beracun di gunung tersebut.

Karena gunung ini masih sangat aktif, orang-orang yang tinggal dekat kawasan Gunung Ijen tersebut akan maklum jika dinas terkait menutup akses untuk menuju puncak gunung yang mempunyai tinggi 2.443 diatas permukaan laut tersebut. Walaupun begitu, kekhawatiran akan Gunung Ijen meletus ternyata tidak membuat serta merta warga ketakutan.

Mereka tetap saja bekerja seperti biasa untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka setiap hari.

Walaupun berbahaya, Kawah Ijen akan selalu menjadi tempat wisata yang indah bagi banyak wisatawan yang berlibur kesana. Buat mereka, Kawah Ijen adalah tempat wisata yang harus didatangi sebagai obyek wisata favorit karena mempunyai pemandangan yang eksotis.

Menurut yang dikatakan oleh orang banyak, Kawah Ijen tersebut adalah salah satu pusat kawah paling besar di dunia dimana dari gunung tersebut bisa memproduksi sampai dengan 36 juta meter kubik belerang.

Sebenarnya apa yang membuat Kawah Ijen begitu terkenal sampai manca negara? Itu karena penampakan Blue Fire yang bisa dilihat pada Kawah Ijen tersebut. Dimana akan terlihat warna biru dari kawah tersebut seakan-akan ada api yang sedang menyala. Untuk melihat penampakan blue fire sendiri harus pada jam-jam tertentu yaitu sekitar jam 2-4 dini hari.

Untuk bisa menuju ke kawasan Kawah Ijen ini memang terbilang sangat mudah. Tapi walaupun begitu, perjalanan dengan menggunakan kendaraan haruslah berhati-hati karena jalanan yang dilalui bisa saja licin. Untuk bisa ke tempat wisata ini setidaknya kita bisa memilih antara 2 pilihan yaitu melewati jalur utara dan jalur selatan.

Jika kamu memang ingin mengambil jalur utara, kita akan mulai dari Kota Situbondo yang akan menju ke arah Sempol yang berada di Bondowoso.

Dan kemudian kita bisa lanjutkan menuju Wonosari dan langsung arahkan kendaraan kita lanjut ke Paltuding. Dengan berangkat dari Sitobondo sampai dengan Paltuding, perkiraan jarak tempuh adalah 93 km dimana artinya kita harus berkendara selama 2-3 jam dijalan.

Karena kita melewati Bondowoso, kita bisa beristirahat terlebih dahulu di perkebunan kopi arabica. Disini kita akan menemui wilayah agrowisata dan bisa berkeliling sepuasnya untuk melihat proses pemetikan biji kopi sampai dengan pengolahan biji tersebut dipabrik. Biji kopi yang sudah diolah akan menjadi bubuk kopi yang sudah terkenal akan keharumannya ditambah dengan cita rasa yang terbaik dari secangkir kopi.

Tidak ingin lewat jalur utara? Kita bisa langsung mencoba jalur selatan. Yang artinya kita bisa memulainya dari Kota Banyuwangi. Dan kemudian melanjutkan perjalanan sampai Licin dan itu hanya berjarak 15 km dalam perjalanan.

Setelah beristirahat sebentar di Licin, kita bisa lanjutkan lagi menuju Paltuding dengan jarak 18 km. Dari Paltuding, cobalah mencari sewaan kendaraan yang berat seperti jeep, karena jalanan berikutnya ini akan sangat berkelok serta akan penuh dengan tanjakan. Terlebih jika jalanan tersebut baru saja disiram hujan. Lebih baik berhenti terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Setelah melalui perjalanan melalui salah satu dari ke-2 jalur tersebut, kita sudah pasti akan berhenti di Paltuding. Karena dari Paltuding ini, kita harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2-3 jam agar bisa sampai atas kaldera. Inilah lokasi yang paling dekat untuk bisa melihat sangat jelas penampakan Blue Fire yang hanya ada 2 di didunia ini.

Dari tempat inipun kita bisa meihat kawah yang berwarna hijau toska yang membuat wisatawan tidak berhenti ingin mengabadikannya melalui peralatan dokumentasinya.

Untuk sekedar informasi, agar bisa masuk kekawasan wisata Gunung Ijen, kita akan dikenakan biaya retribusi yaitu sebesar 5.000 rupiah untuk hari biasa dan 7.500 rupiah untuk  hari libur. Sedangkan tarif yang sangat jauh berbeda jika yang masuk adalah turis asing. Mereka akan dikenakan retribusi sebesar 100.000 rupiah dihari biasa dan 150.000 rupiah dihari libur.

Yang sulit disini adalah tempat penginapan. Kawah Ijen bukanlah tempat wisata seperti Gunung Bromo yang banyak sekali hotel ataupun penginapan yang dibangun dikawasan sekitar Gunung Ijen tersebut. Artinya kamu harus mencari hotel ataupun penginapan tersebut dikota yang terdekat dari lokasi wisata ini.

Tapi jikapun terpaksa, kita bisa menyewa 1 buah kamar bersih nan sederhana di penginapan Perhutani. Untuk bisa tidur disini, kita hanya akan dikenakan tarif 150.000 untuk sewa 1 malam. Kitapun bisa membangun tenda kita di Gunung Ijen tersebut walaupun tetap dipungut biaya sebesar Rp. 15.000 untuk 1 tendanya permalam. Kemudian akan ada retribusi tambahan jika ada yang ingin melakukan pembuatan video komersil ataupun smapshot fillm komersial dimana akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000.000.

Untuk yang membawa handycam pun akan dikenakan tarif sebesar Rp.1.000.000. Membawa kamera juga akan kena tarif retribusi sebesar Rp.250.000. Tapi semua biaya retribusi tersebut akan langsung menjadi gratis dengan catatan. Semua gratis bagi para peneliti-peneliti serta mahasiswa yang memang sedang meneliti kawasan tersebut. Pastinya untuk bisa memperkuat hal tersebut kita harus terlebih dahulu mengirim surat kepada pihak pengelola jauh-jauh sebelumnya.

Pemesanan Khusus

Pesan Hotel secara Rombongan

Mau booking lebih dari 5 kamar untuk kegiatan pribadi, perusahaan atau komunitas anda?

Selanjutnya >>

Pesan Tour Khusus

Mau jalan-jalan secara group dengan destinasi yang kamu tentukan sendiri?

Selanjutnya >>


Testimonials - Paket Tour Kawah Ijen

8

Q and A - Paket Tour Kawah Ijen

6
User Profile Photo
Juna

2018-10-14 12:25:00

apa di sini menyediakan mantel sarung tangan?

Travel Agent Profile Photo
1001 Express

2018-10-14 12:27:19

Mohon maaf untuk perlengkapan pribadi seperti mantel sarung tangan dan lain - lain kami tidak menyediakan

User Profile Photo
Nita

2018-10-13 10:23:00

Untuk penjemputan apakah bisa dari Stasiun ?

Travel Agent Profile Photo
1001 Express

2018-10-13 10:26:17

Bisa, namun di kena kan biaya penjemputan

User Profile Photo
Hekso

2018-10-11 16:40:00

Bagaimana dengan sistem pembayarannya?

Travel Agent Profile Photo
1001 Express

2018-10-11 16:45:59

Sistem pembayaran kami bisa DP 50% 3 minggu dan pelunasan 4 hari sebelum keberangkatan

User Profile Photo
Rizki

2018-10-11 16:40:00

Selain open trip Banyuwangi, kalau mau private trip bisa?

Travel Agent Profile Photo
1001 Express

2018-10-11 16:45:59

Bisa ikut Private, untuk informasi lebih lanjut nya bisa menghubungi kami di no Tlp atau Whatsapp 0821 3950 7788

User Profile Photo
Wawan

2018-10-11 16:40:00

Mobil yang dipakai mobil apa ya?

Travel Agent Profile Photo
1001 Express

2018-10-11 16:45:59

Transpotasi kami menyesesuaikan jumlah peserta yang berangkat

User Profile Photo
Tya

2018-10-11 16:39:00

Maksimal pendaftaran kapan ya?

Travel Agent Profile Photo
1001 Express

2018-10-11 16:45:59

Bisa 4 - 3 hari sebelum keberangkatan

mobapp_frame
Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata
Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini