loading

Wisata di Bawean, Jawa Timur, Indonesia

Wisata di Bawean mulai dari ragam hotel, Paket Tour, Paket Wisata, Sewa Mobil, dan Tour Travel Agent di Bawean

Paket Wisata Bawean

lihat semua paket wisata di Bawean

Jawa timur memang tak pernah lelah memberikan kita berbagai macam destinasi wisata baru. Salah satu destinasi wisata terbaru yang ada di Jawa Timur ini adalah Pulau Bawean. Sebuah pulau yang secara administratif masuk kedalam wilayah Kabupaten Gresik.

Jarak pulau Bawean sendiri dari pusat kota gresik adalah 120 meter. Lokasi wisata di pulau ini memang masih belum terkenal seperti destinasi wisata lain yang berada di Jawa Timur. Namun, meskipun belum terkenal keindahan pulau Bawean sendiri tak perlu diragukan lagi.

Banyak spot-spot wisata yang keren di pulau ini. Waktu yag kita butuhkan untuk menuju ke pulau ini memang tergolong lama. Semua itu tergantung dari jenis kapal yang akan kita pakai. Jika melihat dari sini sebenarnya sangat disayangkan ketika sebuah pulau yang berpotensi menjadi sebuah destinasi wisata baru, namun terkesan seperti pulau terpencil dan terisolasi

Ada beberapa keunikan yang ada di pulau bawean ini, selain dikenal dengan nama pulau bawean, pulau ini juga dikenal dengan nama pulau putri. Hal ini dikarenakan sebagian besar penduduk yang berada di pulau ini adalah wanita, sedangkan para prianya banyak yang merantau ke luar pulau. Selain hal tersebut, pulau Bawean juga memiliki satwa endemik. Terdapat jenis rusa yang sanga endemik di pulau ini, yaitu rusa bawean. Di pulau ini juga terdapat penangkaran rusa bawean yang bertujuan untuk melestarikan rusa ini dari kepunahan. Disini kita akan bahas beberapa objek wisata yang berada di pulau ini. yuk mari kita bahas

1. PULAU GILI

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang berdekatan dengan pulau utama yaitu pulau bawean. Meskioun jauh dari pulau utama tapi pulau ini termasuk pulau yang berpenghuni dengan jumlah yang cukup besar yaitu sekitar 700 kepala keluarga. Pulau ini merupakan salah satu tempat yang baik untuk menikmati keindahan sunrise dan sunset. Selain menikmati keindahan sunrise dan sunset pulau ini juga masih aktif dengan kegiatan nelayan. Jadi kadang kita bisa melihat beberapa aktifitas nelayan di pantai pulau ini. sembari menikmati keindahan sunset kita juga bisa menikmati seporsi ikan bakar yang disediakan pula oleh beberapa pedagang disini.

2. PULAU NOKO

Sebuah pulau kecil yang berdejatan dengan pulau gili. Sebuah pulau dengan ukuran yang tak terlalu besar karena hanya memiliki luas tak lebih dari 1 km persegi. Sangat kecil untuk ukuran sebuah pulau. Pulau noko sendiri hanya terdiri dari hamparan pasir putih yang tak ada tumbuhan sama sekali. Pulau ini sendiri seakan-akan memang muncul dari dalam laut dengan pasir putihnya yang cantik. Meskipun hanya sebuah pasir tapi pulau yang satu ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pulau Gili. Pulau ini juga sering disebut sebagai pulau Noko Gili Bawean.

3. PULAU NOKO SELAYAR

Pulau ini tak jauh berbeda dengan pulau Noko Gili Bawean. Pulau ini juga hanya terdiri dari pasir putih saja. Namun, d salah satu bagian dari pulau ini terdapat sebuah laguna. Laguna sendiri adalah sekumpulan air laut yang terjebak di suatu tempat hingga membentuk mirip danau. Jika kita mendekati laguna ini dan memandang di kejauhan maka akan kita lihat perbukitan yang hijau. Pemandangan ini sangat indah, apalgi jika kita menikmati pemandangan ini saat Sunset tiba tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kita

4. TANJUNG GAANG

Objek yang satu ini agak berbeda dengan objek yang lain, karena yang satu ini bukan sebuah pantai. Lokasi yang satu ini lebih di dominasi oleh batuan karang yang menjorok kelaut. Kaindahan ini akan dapat kita nkmati dengan berbagai cara. Kita bisa menyewa perahu penduduk sekitar untuk berputar keliling, atau kita bisa juga bernang menikmati keindahan ini jauh lebih dekat. Air laut di lokasi ini sangat bening sehingga kita bisa melihat kedasar laut.

Keindahan ini mungkin akan sangat sayang jika kita hanya menikmatinya lewat perahu saja. Maka dari itu sebaiknya kalian berenang dan menyelam atau bisa juga kalian terjun bebas dari atas bebatuan karang. Tantangan yang ekstrim tentunya.

5. DANAU KASTOBA

Setelah kita puas dengan pemandangan bawah laut yang menajubkan. Serta berbagai keindahan pantai yang menawan. Mungkin saatnya kita berpindah ke sebuah objek wisata yang membutuhkan usaha lebih untuk mencapainya. Lokasi objek wisata yang satu ini berad di atas bukit yang cukup tinggi. Untuk mencapai lokasi ini kita harus melewati anak tangga yang tak sedikit. Sebuah usaha yang akan sangat sepadan dengan apa yang kita dapatkan. Sebuah danau di atas bukit, dengan kejernihan airnya serta keasrian dari lingkungan sekitar. Lokasi ini memang ukan lokasi dengan fasilitas yang lengkap untuk mendukungnya. Namun, lokasi ini adalah sebuah tempat yang sangat indah dan sangat menakjubkan, bisa dijadikan salah satu alternatif jika kita merasa lelah dan ingin menenangkan pikiran. Bija juga jadi alternatif pilihan saat kita merasa jemu dengan suasana pantai-pantai dan ingin merasakan atau melihat pemandangan yang lain. Jadikan tempat ini menjadi tempat wajib yang harus kalian kunjungi

6. PENANGKARAN RUSA BAWEAN

Diawal telah kita bahas bahwa pulau bawean memiliki satwa endemik yaitu Rusa Bawean. Satwa endemik adalah satwa yang hanya ada dan hanya bisa ditemukan disatu lokasi saja. Dan Rusa bawean memang hanya bisa kita temukan di pulau ini. Hal ini lah yang menyebabkan pembuatan penangkaran Rusa Bawean atau yang biasa disebut juga Axis kuhlii ini dirasa sangat penting. Keberadaan rusa ini sendri bisa dibilang hampir punah, mungkin oleh kegiatan perburun liar atau juga karena keadaan lingkungan yang semakin tidak menguntungkan bagi keberlangsungan hidupnya.

Penangkaran rusa ini memeiliki luas  tak lebih dari 4 hektar. Meskipun bisa dibilang rusa ini dalam penangkaran, namun rusa ini sengaja di lepas liar. Pengelola membiarkan rusa ini mencari makan sendiri, dan pengunjung sangat dilarang untuk memberikan makanan bagi rusa ini. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga sifat dari rusa ini agar tak memiliki ketergantungan dengan manusia, karena sifat tersebut merupakan salah satu sifat yang merugikan bagi rusa tersebut.

Nah, itu tadi beberapa contoh lokasi objek wisata yang ada di pulau Bawean. Jangan terlalu berharap dengan fasilitas yang berlebihan, karena memang pembangunan wisata di lokasi ini belum maksimal. Meskipun terdapat usaha untuk menjadikan lokasi ini menjadi sebuah tujuan wisata baru di Jawa Timur. Silahkan datang dan menikmati keindahan Pulau Bawean, namun jangan lupa untuk menyebarkan juga bagaimana keindahan dari Pulau Bawean ini. Sebarkan berita indahnya dan jangan lupa untuk juga berpesan agar tetap menjaga keindahan alam dari Pulau Bawean ini.

Mari berkunjung ke Bawean

mobapp_frame
Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata
Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini