loading

Manortor Bersama Patung Sigale-gale, Samosir

Patung Sigale-gale adalah patung manusia di balut pakaian adat Batak yang menjadi bagian dari pertunjukan seni tradisional setempat. Manortor sendiri berarti menari, sehingga manortor bersama patung Sigale-gale merujuk pada kegiatan menari bersama patung adat ini, yang merupakan salah satu babak dari pertunjukan cerita  Batak yang dimainkan dalam salah satu kegiatan wisata di Sumatera Utara.

Legenda

Kepercayaan setempat memiliki dua versi asal mula pembuatan patung Sigale-gale. Versi pertama adalah kematian putra mahkota Manggale setelah berperang  yang  membuat  raja dirundung sakit rindu. Raja membuat patung yang semirip mungkin dengan Manggale atas saran tabib. Lalu roh nya dipanggil untuk merasuki patung.

Satu lagi adalah pasangan yang tak memiliki anak menemukan gadis di tengah hutan yang mereka beri nama Nai Manggale. Gadis ini lalu menikah namun juga tak bisa memiliki anak, sehingga meminta suaminya membuat patung kayu agar bisa menari di sisi jasadnya kelak. Kedua versi cerita membuat pertunjukan Sigale-gale hingga saat ini selalu menyandingkan patung lelaki dan perempuan.

Atraksi

Wisatawan yang berkunjung menyaksikan cerita asal mula suku Batak akan disuguhkan dengan permainan peran oleh patung Sigale-gale dan penduduk setempat. Lalu dalam satu babak, patungakan menari mengikuti iringan musik khas Toba yang bernama Sordam dan Gondang Sabangunan. Patung ini tampak seolah menari sendiri karena adanya roh di dalam jasad mereka, bahkan ada yang menyatakan pernah melihat patung Sigale-gale menangis.

Pengunjung bisa menonton pertunjukan dengan membayar sebesar Rp 5 ribu. Apabila mau menari bersama Sigale-gale, pengunjung perlu membayar jauh lebih mahal yakni Rp 80 ribu. Sementara jika hanya ingin berfoto, hanya diharap kan donasi sesuai keinginan pengunjung.

Teknik

Meski kepercayaan di masa lalu menyebut bahwa Sigale-gale bergerak sendiri, sebenarnya ada tali yang menghubungkan kepala dan lengan sehingga membuat manusia bisa menggerakkan nya. Dahulu bahkan dipercaya bahwa jumlah tali yang digunakan untuk menggerakkan Sigale-gale berjumlah sama seperti syaraf manusias ungguhan.

Lokasi Pertunjukan

Untuk menyaksikan pertunjukan dan menari bersama Sigale-gale, ada beberapa tempat yang bisa didatangi wisatawan di beberapa wilayah di Sumatera Utara. Paling otentik adalah di wilayah Samosir yaitu di tempat berikut:

  1. Desa Tomok, di Kawasan Kampung Batak

  2. Museum Hutabolon Simanindo

  3. Festival Danau Toba, di mana Sigale-gale diarak dalam parade

mobapp_frame
Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata
Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini