loading

Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Bagi warga Bandung pasti tak asing lagi dengan objek wisata gunung tangkuban perahu. Gunung ini memang dikait – kaitkan dengan cerita rakyat dari kisah sangkuriang dan dayang sumbi. Alkisah ada seorang pemuda yang bernama sangkuriang yang menyukai seorang wanita dengan nama dayang sumbi. Ternyata usut punya usut wanita tersebut ternyata ibu kandung sangkuriang. Dayang sumbi mengetahui hal tersebut dan seketika langsung kaget. Pada suatu hari sangkuriang ingin menikahi dayang sumbi, akan tetapi dayang sumbi menolaknya dan memberitahu sangkuriang bahwa dia adalah anak kandungnya. Sangkuriang pun tidak percaya dan tetap memaksa dayang sumbi untuk menjadi istrinya. Dayang sumbipun meminta syarat untuk dibuatkan danau dan perahu dalam semalam. Namun, usaha sangkurianpun gagal hingga sangkurian marah dan menedang perahu kemudian perahu tersebut terpental dan mendarat terbalik. Kisah inilah yang dipercaya warga masyarakat sekitar sebagai asal usul terbentuknya gunung tangkupan perahu.

Kondisi Geografis Gunung Tangkupan Perahu

Objek wisata gunung tangkupan perahu terletak di Provinsi Jawa Barat tepatnya di 20 km kearah utara Kota Bandung. Gunung tangkupan perahu dikelilingi hutan pohon pinus serta perkebunan teh. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.084 meter dari permukaan laut. Pada malam hari suhu rata – rata di sekitar gunung tangkupan perahu ini berkisar 2 derajat celcius serta di siang hari bersuhu 17 derajat celcius.

Fasilitas Pendukung di Area Gunung Tangkupan Perahu

Sebelum menikmati keindahan gunung tangkupan perahu berserta fasilitas pendukungnya, para wisatawan harus membayar biaya tiket masuk pada hari biasa sebesar Rp.15.000 – Rp.20.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 100.000 – Rp.200.000 untuk wisatawan mancanegara. Apabila hari libur banyak wisatawan yang berkunjung ke gunung tangkupan perahu akan tetapi tike masuknya pun harganya berbeda yaitu Rp. 22.500 – Rp. 30.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.150.000 – Rp. 300.000 untuk turis asing. Objek wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Para wisatawan tak perlu khawatir tentang fasilitas yang terdapat di area gunung tangkupan perahu seperti terdapat hotel di sekitar gunung tersebut dari hotel melati sampai hotel bintang 5 ada. Selain itu terdapat pula rumah makan dengan aneka makanan serta toko oleh – oleh khas jawa barat.

Aktifitas Wisatawan di Gunung Tangkupan Perahu

Para wisatawan yang berkunjung di objek wisata gunung tangkupan perahu mempunyai beragam kepentingan dengan berbagai aktifitas yang mereka lakukan. Seperti mengisi waktu liburan, karena disini selain udaranya yang sejuk dan bersih di tempat ini juga terdapat spot foto yang menarik untuk dishare di sosial media. Selain kepentingan, ada pula yang digunakan sebagai kepentingan foto prewedding atau bahkan digunakan sebagai syuting film.

Nah, begitulah cerita singkat tentang objek wisata tangkupan perahu yang melegenda itu. Bagi Anda yang belum pernah kesana, silahkan Anda rencanakan liburan akhir pekan Anda untuk mengunjungi gunung tangkupan perahu yang indah tersebut. Bawa serta keluarga Anda atau orang – orang yang Anda sayangi untuk menikmati panorama alam di gunung tangkupan perahu. Happy Traveling !.

mobapp_frame
Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata
Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini