loading

Goa Jepang, Bandung

Goa Jepang adalah sebuah bangunan lorong yang berada di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tempat ini dibangun pada masa penjajahan Jepang di Indonesia sebagai tempat penyimpanan amunisi, senjata, juga lokasi untuk berkomunikasi dari radio pada zaman perang.

Sejarah

Saat menduduki Indonesia, Bandung adalah salah satu dari tiga kantor besar tentara Jepang di Pulau Jawa, sekaligus tempat bagi tawanan perang. Goa ini dibangun oleh para romusha (orang Indonesia yang menjadi pekerja paksa) sejak tahun 1942 hingga Jepang kalah pada Perang Dunia II di tahun 1945. Di sini adalah tempat tentara Jepang membunuh romusha sekaligus tempat tentara Jepang terbunuh oleh sekutu di saat kekalahannya.

Tempat ini tidak dilapisi semen di seluruh temboknya dan tidak memiliki listrik. Ini karena setelah Jepang kalah, pembangunan Goa Jepang tidak lagi dilanjutkan dan ditinggalkan begitu saja sebelum selesai. Goa Jepang ditemukan kembali pada tahun 1965 lengkap dengan seluruh isinya. Hingga saat ini bangunannya belum direnovasi sama sekali.

Lokasi

Tepatnya bangunan ini berlokasi sekitar 500 meter dari gerbang utama Taman Hutan Ir. H. Djuanda di Dago Pakar yang juga menjadi hutan konservasi di kawasan Bandung sekaligus memiliki beberapa tempat wisata alam dan sejarah lain seperti Tebing Keraton dan Goa Belanda.

Atraksi Wisata

Wisatawan yang datang ke sini akan bisa melakukan wisata sejarah dengan pemandu dan melihat hal-hal berikut:

  1. Pintu: Terdapat empat pintu masuk ke dalam lokasi yang saling terhubung satu sama lain dan memberikan akses ke dalam. Pintu paling besar adalah pintu ketiga yang menjadi tempat keluar masuk kendaraan.
  2. Kamar: Ada empat kamar yang digunakan oleh para panglima perang Jepang untuk beristirahat dan mengatur strategi.
  3. Bunker: Terdapat 18 bunker yang jaraknya saling berdekatan, sekitar 30 meter. Masing-masing bunker memiliki fungsi berbeda seperti tempat penembakan, untuk mengintai, ruang pertemuan, dapur, juga gudang.
  4. Lorong: Ada empat lorong yang terhubung dengan pintu dengan bentuk berkelok-kelok. Lorong ini memiliki ventilasi sebagai pertukaran udara. Namun untuk cahaya, pengunjung perlu membawa senter atau menyewanya seharga Rp 5.000.

 

mobapp_frame
Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata
Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini