loading

Wisata di Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia

Wisata di Danau Toba mulai dari ragam hotel, Paket Tour, Paket Wisata, Sewa Mobil, dan Tour Travel Agent di Danau Toba

Paket Wisata Danau Toba

lihat semua paket wisata di Danau Toba

Indonesia bukan hanya negara yang kaya akan hasil bumi, tetapi juga cerita rakyat dan sejarah yang hingga saat ini masih dipercaya sebagai bagian dari cerita Indonesia. Salah satu sejarah tersebut adalah legenda Danau Toba.  Danau Toba merupakan salah satu danau di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Sumatera Utara.

Danau Toba sendiri lekat dengan sejarah yang menceritakan petani bernama Toba yang dikaruniai seorang anak hasil hubungannya dengan perempuan cantik yang ternyata keturunan ikan. Pak Toba melanggar sumpah dengan mencerca dan menyakiti anak mereka sehingga rasa sakit hati sang istri terwujud dalam terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir.

Lekat dengan sejarah tak membuat lokasi ini tidak punya pesona lain selain wisata sejarah. Kalau Anda sedang berada di area Sumatera Utara, tepatnya di wilayah Pulau Samosir atau Danau Toba, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat berikut.

Wisata Populer

  1. Danau Toba

Mengapa harus mengunjungi Danau Toba? Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa Danau Toba wajib masuk dalam daftar kunjungan wisata Anda. Pertama, alam di wilayah ini begitu indah dan bersih. Udara di wilayah wisata ini begitu sejuk. Soal panorama jangan lagi diragukan karena tempat ini terbilang cukup juara untuk menampilan pemandangan alam yang cantik, bersih, sekaligus terawat.

Ada tips untuk Anda yang merencanakan liburan ke Taman Wisata Danau Toba. Jika Anda cenderung ingin melakukan aktivitas seru di taman wisata ini, datanglah pada sekitar bulan September hingga November karena di bulan-bulan ini cukup banyak festival yang terselenggara. Namun jika Anda sekadar ingin santai, maka kunjungilah saat bulan Mei sampai September.

  1. Pulau Samosir

Alternatif tempat wisata terdekat dengan Danau Toba tentu saja adalah Pulau Samosir. Pulau ini terkenal sebagai salah satu pulau wisata terbaik karena lokasinya yang unik serta daerahnya yang hijau terawat. Banyak pepohonan yang besar dan masih dilestarikan sampai sekarang untuk menjaga keasrian pulau dan tetap menjadi pikatan tersendiri bagi wisatawan baik yang sudah pernah mengunjungi ataupun belum. Ada beberapa destinasi wisata di dalam Pulau Samosir itu sendiri, sebut saja Air Terjun Simangande, Aek Natonang (hutan danau di atas Danau Toba), Aek Porogan, BUkit Beta (bukit untuk permainan layangan dan paralayang internasional), serta Danau Toba itu sendiri. Ada banyak lagi destinasi wisata yang letaknya di Pulau Samosir dan menunggu kedatangan wisata Anda bersama pasangan, rekan, maupun keluarga.

  1. Air Terjun Sipiso-piso

Salah satu destinasi wisata yang tak kalah terkenal dibandingkan destinasi wisata alam baik di area Danau Toba atau Provinsi Sumatera Utara adalah Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun setinggi 120 meter ini memiliki keunikan sumber airnya yang justru berasal dari sungai bawah tanah. Kawasan wisata ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki fisik kuat dan sehat dan tidak direkomendasikan membawa serta anak kecil yang dianggap belum kuat untuk melewati medan menuju area wisata. Semakin dekat dengan area air terjun, jalanan semakin basah dan licin. Namun semuanya terbayar ketika sudah sampai ke area pusat Air Terjun Sipiso-piso.

  • Alamat: Tongging, Merek, Karo, Sumatera Utara, 22173
  • Telepon: 0823-6979-5463
  • Jam Buka: 24 jam
  • HTM: Rp 5.000 per orang (data akhir tahun 2015)
  1. Air Terjun Bingangalom

Jika sebelumnya mengunggulan kelebihan air terjun setinggi 120 meter, destinasi selanjutnya menawarkan pesona air terjun yang (memang) tidak terlalu tinggi namun unik karena langsung bermuara ke Danau Toba. Berkunjunglah ke kawasan wisata Air Terjun Binangalom atau sering juga disebut warga sebagai Situmurun Waterfall. Di area wisata ini pengunjung juga akan mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung spesies ikan yang jarang terlihat yaitu ikan pora-pora. Keunikan lain dari kawasan wisata ini selain karena pemandangannya yang benar-benar menyejukkan mata, juga karena air terjun ini cukup unik dengan adanya 7 tingkatan. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini selain bersantai adalah berenang di tepian danau atau mencoba peruntungan mendapat ikan dengan memancing.

  • Alamat: Desa Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Hatinggian, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, 22386
  • HTM: Sewa kapal Rp 500.000 sampai Rp 600.000 per kapal.
  1. Desa Wisata Tomok

Ingin lebih dekat dengan kehidupan masyarakat Batak yang masih mempertahankan budayanya? Berkunjunglah ke Desa Wisata Tomok, perkampungan khas Batak yang masih lengkap dengan patung sigale-gale, kuburan para raja, hingga terdapat museum Batak. Wisatawan yang datang biasanya akan disambut dengan tarian Tor-tor dan Sigale-gale.

Sigale-gale inilah yang menjadi bahan penasaran banyak wisatawan. Kabarnya, sigale-gale merupakan boneka kayu yang sengaja dibuat untuk menghibur Raja Rahat pada jaman dulu. Boneka ini dibuat lantas memasukkan roh anak Raja Rahat bernama Raja Manggale yang tumbang di medan peran. Tujuan dimasukkannya roh tersebut adalah untuk menghidupkan boneka sehingga ia bisa bergerak dan kemudian membuat Raja Rahat perlahan sembuh dari sakitnya.

  • Alamat:Pesisir timur Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara.

 

  1. Bukit Gajah Bobok

Satu lagi wisata alam khas Danau Toba yang sebaiknya Anda kunjungi: Bukit Gajah Bobok. Lokasinya memang agak terpelosok, namun jangan khawatir karena perjuangan mencapai lokasi akan terbayar tatkala Anda melihat langsung pemandangan alam di sini. Bukit Gajah Bobok adalah sebuah bukit yang secara langsung menghadap ke arah Danau Toba. Tempat ini sering kali dikunjungi oleh kawula muda dan aktivitas yang sering dilakukan di sini tak lain adalah selfie. Jangan diragukan, pemandangan di tempat ini memang sangat bagus dan layak untuk diabadikan dalam kamera!

  • Alamat:Tongging, Merek, Karo, Sumatera Utara, 22173.
  • HTM: Rp 15.000 per sepeda motor.
  1. Pulau Sibandang

Alternatif selanjutnya ketika berada di kawasan wisata Danau Toba adalah mengunjungi Pulau Sibandang. Pulau ini kerap disebut sebagai salah satu harta karun di Tapanuli Utara. Pulau Sibandang terdiri dari tiga desa dengan luas pulau mencapai 850 hektar dan berbatasan langsung dengan Pulau Samosir.

Iklim yang sejuk menjadi keunggulan sekaligus hal yang membuat wisatawan yang menyesal pernah menginjakkan kaki di sini. Bukan hanya itu, Pulau Sibandang juga dikenal tenang. Memang harus diakui bahwa fasilitas wisata di pulau ini relatif minim, bahkan bisa dikatakan tidak ada. Jika Anda berminat untuk menginap, maka Anda harus bersedia menginap di rumah penduduk dan bersosialisasi langsung dengan mereka. Karena pulau ini belum atau tidak akan didesain sebagai pulau wisata, aktivitas liburan yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah bermain di area pantai atau memancing.

  1. Ambarita

Wisata alam sambil wisata sejarah? Mengapa tidak? Anda bisa mendapatkan keduanya ketika berkunjung ke Desa Ambarita. Lokasi ini dikenal sebagai lokasi napak tilas sejarah tanah Batak. Keunikan terdapat di hampir seluruh sudut Desa Ambarita. Misalnya saja pada pintu gerbang yang diberi patung Pangulubalang sebagai penjaga untuk mengusir roh jahat yang hendak masuk ke area kampung. Tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke sini adalah Huta Siallagan yang merupakan area di mana masih ada rumah adat Batak asli yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Selain itu terdapat situs sejarah yang memiliki cerita asal tanah Batak.

  1. Pantai Lumban Silintong Balige

Rekomendasi wisata terakhir di area Danau Toba adalah Pantai Lumban Silintong Balige. Keunikan pantai ini adalah karena letaknya yang berada di tepi Danau Toba. Keunikan lain juga terlihat dari kafe terapung yang ada di Pantai Lumban dan sering dijadikan spot nongkrong anak muda dari sekitar Balige. Fenomena unik yang juga terjadi di Pantai Lumban ini adalah eksistensi para bocah pemburu koin. Mereka akan terjun ke area danau untuk mengambil koin-koin yang biasanya akan dilemparkan oleh para wisatawan.

  • Alamat:Lumban Bulbul, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, 22312
  • Jam Buka: 08.00 sampai 00.00 WIB

Itu dia daftar rekomendasi wisata alam yang ada di sekitar Danau Toba. Cukup banyak kan tempat wisata baru yang ternyata belum pernah Anda kunjungi? Jangan hanya terpaku untuk bisa berlibur ke luar negeri, toh Indonesia juga terbukti memiliki jutaan tempat wisata yang tak kalah cantik dan menarik. Masih berpikir Indonesia tak begitu punya daya tarik sampai harus mencari hiburan di negeri tetangga?

maps not found.
mobapp_frame
Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata
Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 9984 0218

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini