loading

Masjid Raya Al Mashun, Medan

Masjid Raya Medan atau nama lainnya masjid raya Al Mashun adalah bangunan dari era kesultanan Deli yang berada di ibukota Sumatera Utara. Pembangunannya dimulai pada 21 Agustus 1906 dan selesai pada 10 September 1909, ditandai dengan shalat Jumat bersama. Masjid ini memiliki percampuran desain antaraTimur Tengah, Maroko, dan Eropa. Kapasitas nya sendiri adalah untuk 2000 orang.

Latar Belakang

Pembangunan masjid ini digagas oleh Sultan Deli pada saat itu, Maimun Al Rasyid Perkasa Alam. Desain bangunan pada awal nya melibatkan Theodoor van Erp yang juga merancang Istana Maimun, yang lokasi nyata kejauh dari masjid. Namun kemudian diganti kan oleh JA Ting deman karena van Erp dipanggil ke Jawa untuk membantu proses restorasi Candi Borobudur.

Biaya pembangunan nya sebesar satu juta Gulden didanai oleh Sultan, Maatschappij (perusahaan di Deli yang didirikan Belanda), dan Tjong A Fie, tokoh Tiong hoater kaya di Medan saat itu.

Desain Bangunan

Bangunan masjid memiliki bentuk segi delapan dan memiliki sayap yang juga merupakan koridor ke empat arah mata angin, mengelilingi lokasi shalat. Koridor-koridor ini juga dibangun dengan langit-langit tinggi dan menjadi pelengkap kubah utama pada langit-langit bangunan utama masjid. Beberapa desain arsitektur lain yang juga tampak adalah pada:

  • Jendela

Ada dua jenis desain jendela yang bisa ditemukan. Pertama, jendela yang mengelilingi pintu-pintu dibuat dari kayu dengan kaca patri, mirip seperti gaya arsitektur Art Nouveau yang tumbuh di Eropa dan Amerika Serikat sekitar 1890-1914. Kedua, jendela besar berbentuk perahu terbalik yang mirip dengan masjid-masjid di Spanyol pada abad pertengahan.

  • Kubah

Untuk kubahnya, gaya yang dipakai adalah model masjid Turki dengan sedikit bentuk semi segi delapan. Kubahnya juga mirip dengan gaya Masjid Raya Aceh.

  • Interior

Bagian dalam masjid diwarnai ornamen yang penuh dengan dekorasi bunga dan tanaman. Ada juga delapan pilar yang mendukung kubah utama. Mihrab nya sendiri dibuat dari marmer dengan atap kubah meruncing. Banyak material dan dekorasi diimpor dari berbagai negara, salah satu nyalam pudari Perancis.

Lokasi

Masjid ini berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Medan. Jarak nyasekitar 1 km dari Istana Maimun dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.

 

mobapp_frame
Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata
Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini